Anak Sering Demam Mungkin Ini Penyebabnya!

Anak Sering Demam – Demam adalah satu masalah kesehatan yang kerap kali mengiringi proses tumbuh kembang anak. Terkadang hal ini membuat para Bunda bertanya-tanya, kenapa sih bisa demam terus? Karena demam merupakan bisa menjadi gejala-gejala penyakit tertentu seperti demam berdarah, tipes, radang usus, wajar kalau kita menjadi khawatir ya Bund.

Anak-Sering-Demam-Mungkin-Ini-Penyebabnya

Tapi tahukah Bunda, demam pada Si Kecil belum tentu karena adanya infeksi, bisa jadi itu adalah reaksi normal saja dari tubuh. Mengapa dibilang demam itu pertanda baik? Sistem imun akan menghasilkan senyawa penyebab demam, yang bernama pyrogen, ketika terjadi sebuah infeksi virus atau bakteri.

Jadi sekiranya naik sedikit, jangan langsung dianggap demam, meskipun dibarengi rasa menggigil, meriang, gemetar dan gerah, itu biasa kita alami saat sedang demam.

Baca juga : “Si Kecil Susah BAB? Ini Mungkin Penyebabnya!

Tetapi, ketika suhu naik terlalu tinggi, bisa berbahaya dan menyebabkan penyakit serius. Demam yang terlalu tinggi juga bisa menjadi pertanda bahwa mikro-organisme yang menginfeksi itu butuh penanganan lebih lanjut.

Ketika anak demam kadang orang tua menyelimutinya, apakah ini salah? Salah, fakta menunjukkan menyelimuti bayi dapat memperburuk keadaan karena dikaitkan dengan meningkatnya suhu tubuh saat diselimuti. Demam jadi semakin tinggi Bund.

Karena demam bisa bukan karena hal buruk, sebaiknya jangan langsung terburu-buru memberi obat ya Bund. ebaiknya kompres anak dengan air bersuhu kamar yaitu sekitar 25-30 derajat Celcius. Hindari untuk mengompres dengan air dingin karena demam sendiri sudah membuat bayi kedinginan.

Selagi proses pengompresan, pantau terus suhu tubuh Si Kecil. Bila suhunya sudah mencapai 38 derajat celcius, barulah Anda memberikannya obat untuk mencegah terjadinya kejang. Lalu kapan harus ke dokter?

Baca juga : “Tips Seputar Kesehatan Balita di Ayo Bunda

Ketika orangtua ragu kapan harus ke dokter dan kapan tidak. Idealnya, tunggu hingga demam berlangsung selama 3 hari dengan terus memonitor perkembangan aktivitas dan rasa nyaman anak. Semoga artikel Anak Sering Demam ini bermanfaat.

 

Sumber :

https://www.nutriclub.co,id
https://www.sehatq,com
https://www.parenting.co,id/
https://www.cnnindonesia,com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *