Anak Susah Tidur? Lakukan Tips Berikut Ini!

Kita semua tahu bahwa tidur itu sangat perlu untuk menjaga kesehatan tubuh anak, perkembangan otak anak, pertumbuhan tubuh anak, nafsu makan anak, dan masih banyak lagi manfaatnya. Lalu bagaimana dengan anak yang mengalami gangguan susah tidur? Anak susah tidur tentu ini akan jadi masalah bagi anak kelak.

Tips Untuk Anak yang Susah Tidur!

Tips-Jitu-Untuk-Anak-Yang-Susah-Tidur-Malam

Perlu Anda ketahui, tidak hanya pada orang dewasa saja, masalah susah tidur pada anak juga memiliki sebab. Diantara penyebab anak susah tidur diantaranya insomnia, waktu tidur tertunda, kecemasan, jam tidur yang salah, mimpi buruk, ketakutan dimalam hari, dan masalah lainnya, Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Simak tips-tips berikut :

1. Atur waktu tidur anak

Cara-Agar-Anak-Tidur-Lelap

Anak-anak usia sekolah membutuhkan 9-11 jam tidur setiap malam, namun tidak semuanya sama karena setiap anak berbeda. Cari tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan anak Anda untuk bangun dalam keadaan segar, kemudian aturlah waktu tidur yang tepat.

2. Atur waktu bangun anak

Agar-Anak-Cepat-Tidur

Jika Anda sudah mengetahui berapa banyak jam tidur anak yang dibutuhkan, tetapkan waktu bangun harian anak. Walapun terkadang pada akhir pekan orangtua terkadang mengizinkan anak tidur lebih lambat, atau jam bangun anak dilebihkan, itu hanya akan membuat tubuh anak merasa lelah. Lebih baik pertahankan waktu yang telah diatur.

Baca juga : ” Bunda Punya Jagoan Kecil? Begini Mendidiknya!

3. Membuat rutinitas sebelum tidur secara konsisten

Manfaat Berdongeng Sebelum Tidur

Rutinitas yang akan Anda buat sangat penting untuk bayi, balita dan anak-anak prasekolah. Melakukan hal-hal tertentu sebelum tidur, seperti cerita atau mendongeng, dan itu akan memberi sinyal kepada anak Anda apa yang akan terjadi selanjutnya. Mengetahui apa yang terjadi selanjutnya akan membuat anak rileks, buat suasana tidur yang sempurna. Tak lama, tubuh anak Anda mungkin secara otomatis mulai mengantuk pada awal rutinitas mereka.

4. Matikan TV atau gadget sekitar 2 jam sebelum tidur

Tips-Untuk-Anak-Begini-Caranya

Tahukah Anda tubuh memiliki hormon yang disebut Melatonin. Hormon ini bagian penting dari siklus tidur-bangun. Ketika hormon melatonin tinggi kadarnya, anak akan mengantuk, Anda pun begitu. Namun, setengah jam saja anak Melihat layar tv, monitor, atau gadget, itu akan membuat anak terjaga selama 2 jam. Buatlah suasana gelap dalam kamar, tidak ada cahaya tv atau gadget.

Hormon melatonin juga membantu mengatur penurunan suhu tubuh internal yang diperlukan untuk tidur, tetapi Anda dapat membantu mengatur suhu eksternal. Usahakan suhu kamar tetap atau sedikit lebih dingin lebih baik untuk membuat anak tidur dengan nyenyak.

Baca juga : ” Tips-Tips Mendidik Anak Agama di Ayo Bunda

Itulah sedikit tips untuk anak susah tidur, beberapa anak menjadi gelisah pada waktu tidur karena mereka merindukan perhatian lebih dari pengasuh mereka. Ketika orang tua bekerja penuh waktu di siang hari, malam hari adalah ketika anak-anak mendapatkan perhatian orang tua mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *