Bahaya Konsumsi Santan Jika Berlebihan Bunda Harus Tahu!

Bahaya Konsumsi Santan – Menjelang Hari Raya Idul Fitri membuat aneka masakan lezat sudah menjadi tradisi. Salah satu menu favorit banyak Bunda adalah opor ayam. Makanan khas Indonesia ini memang paling cocok untuk acara-acara tertentu seperti hari besar umat Islam yang tidak lama lagi akan dirayakan.

Bahaya-Konsumsi-Santan-Jika-Berlebihan-Bunda-Harus-Tahu!

Opor ayam berkuah santan kental yang biasanya diambil dari perasan kelapa langsung atau bisa menggunakan santan instan. Berbicara tentang santan, santan memilikii banyak manfaat untuk kesehatan. Namun di sisi lain, santan bisa menjadi pemicu masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan lho Bund. Apa saja sih bahayanya?

1. Memicu tekanan darah tinggi

Masalah kesehatan yang biasanya muncul pertama adalah meningkatnya tekanan darah atau darah tinggi. Konsumsi santan berlebihan memicu peningkatan kadar trigliserida yang akan berdampak pada penyumbatan arteri serta pembuluh darah. Baca juga : “Sayuran-Sayuran Ini Beracun? Benarkah?

2. Memicu kolesterol tinggi

Bukan rahasia lagi kalau santan banyak mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Kolesterol tinggi akan sangat berbahaya jika dibiarkan karena dapat menyumbat pembuluh darah dan memicu penyakit jantung koroner.

3. Menyebabkan alergi

Bagi mereka yang memiliki alergi kacang-kacangan, konsumsi santan teryata juga bisa memicu iritasi dan kemerahan pada kulit seperti saat mereka alergi kacang-kacangan. Kok bisa? Karena meski terbuat dari kelapa, nyatanya santan mengandung kacang pohon loh.

4. Memicu masalah pencernaan

Untuk sebagian orang, konsumsi santan dapat menyebabkan masalah pencernaan karena santan mengandung serat yang tinggi. Peningkatan yang mendadak ini dapat menyebabkan diare, mual, bahkan muntah jika tubuh tidak terbiasa menyerap serat terlalu banyak.

5. Memicu malabsorpsi fruktosa

Santan mengandung mono-sakarida dan poliol yang dapat meningkatkan risiko gangguan usus. Penyebabnya adalah kandungan gula yang terdapat pada santan memicu pertumbuhan bakteri di usus kecil. Akibatnya penyebaran fruktosa yang tidak merata membuat terjadinya berbagai gangguan pencernaan.

Baca juga : “Tips-Tips Kesehatan Lainnya di Ayo Bunda

Nah itulah Bahaya Konsumsi Santan jika terlalu banyak Bund. Tetapi bukan tidak boleh membuat opor, hanya saja jangan membuat banyak menu berbasis santan dalam satu meja makan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *