Ciri Mata Minus Pada Anak Bunda Wajib Tahu!

Ciri Mata Minus – Mata minus adalah kondisi dimana adanya kelainan tajam penglihatan pada mata dimana bayangan tidak jatuh tepat di retina tetapi jatuh di depan retina. Hal ini menyebabkan penglihatan jarak jauh terlihat kabur.

Ciri-Mata-Minus-Pada-Anak-Bunda-Wajib-Tahu!

Mata minus atau rabun jauh dalam duania medis dikenal dengan miopi. Miopi bisa terjadi pada siapa saja dan usia berapa saja. Jadi, anak pun bisa saja memiliki mata minus, terlebih jika Ayah atau Bunda memiliki mata minus karena anak yang lahir dengan orang tua yang memiliki miopi maka anak rentan memilikinya. Ini disebut faktor genetik.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti seringnya konsumsi makanan tidak sehat, kondisi pencahayaan yang terlalu redup atau terlalu terang, mata sering kelelahan karena kebiasaan menatap smartphone, televisi, membaca buku dengan huruf-huruf kecil dala jarak yang dekat dapat memperburuk kondisi mata minus anak.

Baca juga : “Anak Kekurangan Zat Besi Ini Ciri-Cirinya!

Namun, banyak orang tua yang tidak peka kalau anaknya memiliki mata yang minus. Untuk itu Bunda harus tahu ciri-cirinya :

  • Sering menyempitkan mata karena objek dalam jarak tertentu menjadi buram atau tidak jelas. Menyempitkan mata adalah cara mereka untuk mengatasi hal itu.
  • Sering mengedipkan atau menggosok mata karena matanya lelah. Mata lelah ditandai dengan sering berair, pedih, dan perih.
  • Kepala sering pusing akibat mata kelelahan.
  • Lebih memilih maju atau duduk di depan jika mengamati sesuatu.
  • Ciri yang paling jelas adalah saat anak melihat objek dalam jarak tertentu tidak jelas atau kabur. Mungkin pada anak yang belum bisa bicara sulit untuk kita mengetahuinya. Jika anak sudah bisa berbicara mungkin anak akan bilang pada orang tuanya. Dan untuk memastikan, orang tua bisa mengeceknya langsung dengan praktek.

Baca juga : “Tips Sehat Anak Lainnya di Ayo Bunda

Visualisai sangat penting untuk setiap orang dan terutama untuk anak agar mereka dapat melakukan aktivitas dengan lancar seperti membaca, menulis, atau bagi keberlangsungan saat pembelajaran. Jika Bunda sudah menyadari bahwa anak memiliki miopi, maka periksakan anak dan berilah mereka kacamata.

Semoga informasi Ciri Mata Minus pada anak ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *