Jam Tidur Anak Balita Yang Dianjurkan

Jam Tidur Anak Balita – Untuk anak balita yang masih dalam tahap pertumbuhan tidur yang cukup adalah hal yang penting Bund agar pertumbuhannya optimal. Saat anak balita tidur terjadilah proses metabolisme dalam tubuhnya, hormon-hormon pertumbuhan akan lebih aktif diproduksi.

Jam-Tidur-Anak-Balita-Yang-Dianjurkan

Nah tentu hal ini akan memberikan pengaruh sangat positif untuk tumbuh kembang anak, kecerdasan serta emosi jiwanya. Lalu bagaimana seharusnya pola tidur anak yang dianjurkan :

Untuk anak usia 1-4 minggu, mereka biasanya memerlukan waktu tidur 15-16 jam per harinya Bund. Namun untuk bayi yang baru lahir belum memiliki jam-jam tertentu untuk tidurnya.

Baca juga : “Tips Agar Anak Mau Tidur Siang

Untuk anak usia 1-12 bulan, pola tidur anak akan mulai terlihat. Dan saat mereka memasuki usia 3 bulan, rata-rata anak atau bayi sudah memiliki siklus tidur yang teratur. Perharinya biasanya mereka tidur 14-15 jam dengan 4 sampai 6 jam per sesi tidur. Saat usia 4 bulan, orang tua sudah bisa membiasakan atau menerapkan pola tidur yang baik.

Untuk anak usia 1-3 tahun, mereka biasanya membutuhkan waktu tidur 12-14 jam perharinya. Untuk anak usia 1 tahun kebutuhan tidurnya cukup mirip dengan bayi. Dan pada usia 1,5 tahun intensitasnya akan tidurnya akan mulai berkurang. Untuk catatan, apabila orang tua lalai menerapkan pola tidur yang baik, maka pola tidurnya akan tidak menentu. Pada usia 2-3 tahun kebutuhan tidurnya akan berkurang menjadi 10-12 jam perharinya, hal ini juga dipengaruhi aktivitas motorik dan eksplorasinya yang berkembang pesat.

Ketika anak memasuki usia 3 tahun, memastikan ia agar bisa tidur siang sangatlah perlu, namun rasanya memang tidak mudah untuk melakukan itu, tetapi harus tetap diupayakan. Maka dari itu mengajari anak untuk disiplin serta teratur untuk tidur siang dan pagi sangat dibutuhkan, agar anak terbiasa dengan tidur pagi maupun siang hari. Sehingga ia dapat memenuhi kebutuhan tidur nya dengan baik dan pertumbuhan anak pun tidak akan terganggu.

Baca juga : “Tips-Tips Seputar Anak di Ayo Bunda

Hormon pertumbuhan pada anak, menurut pakar mulai aktif di jam 10 sampai 11 malam. Oleh karenanya, disarankan untuk anak agar tidur di bawah jam 9 malam. Jika tidur terlalu malam, hormon pertumbuhannya akan berkurang. Dan pastikan mereka mendapatkan tidur yang berkualitas. Sekian informasi Jam Tidur Anak Balita ini, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *