Makanan Pendamping ASI Yang Satu Ini Bagus Untuk Anak

Makanan Pendamping ASI atau MPASI menurut dokter diberikan saat bayi berusia 6 bulan, karena jika di bawah usia ini bayi lebih berisiko mengalami alergi, terutama akibat makanan seperti kacang, telur, ikan, susu sapi, keju, maupun makanan yang mengandung gluten seperti roti.

Makanan-Pendamping-ASI-Yang-Satu-Ini-Bagus-Untuk-Anak

MPASI yang diberikan bisa berbahan sayuran dan protein hewani, buah- buahan adalah salah satu variasi menu MPASI untuk membuat nutrisi si Kecil menjadi lebih lengkap. Salah satu buah yang sangat baik untuk menu MPASI adalah alpukat.

Baca juga : “Ini Bunda Manfaat Jahe Merah Untuk Bunda!

Selain rasanya yang nikmat, daging buah alpukat mempunyai tekstur lembut sehingga mudah dikunyah dan dicerna oleh anak. Alpukat juga kaya akan berbagai nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan juga antioksidan.

Berikut adalah beberapa manfaat alpukat untuk si Kecil :

1. Mendukung perkembangan otak

Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya. Jika perkembangan otak bayi berjalan baik, maka ia pun akan cepat belajar dan berprestasi di masa depan.

2. Daya tahan tubuh

Selain omega 3, Alpukat juga kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat sekitar 10mg vitamin C. Vitamin C bekerja mendorong produksi sel darah putih di dalam tubuh. Secara otomatis, buah ini akan menjaga daya tahan tubuh anak serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

3. Memperlancar pencernaan

Alpukat membantu mengatur kadar asam pada perut sehingga sistem pencernaan bayi lebih lancar sehingga mencegah konstipasi dan menjaga sistem pencernaannya tetap sehat.

4. Mencegah anemia

Alpukat tidak mengandung zat besi tinggi. Namun kandungan vitamin C, vitamin B6, folat, dan riboflavin pada alpukat berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang diketahui baik untuk mencegah anemia.

Baca juga : “Tips-Tips Menjaga Kesehatan Anak di Ayo Bunda

Itulah beberapa manfaat alpukat sebagai Makanan Pendamping ASI yang bisa si Kecil dapatkan, juga alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan. Dengan kandungan ini, alpukat membantu tubuh anak dalam melawan radikal bebas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *