Membentuk Karakter Anak Dari Sifat Rasulullah

Membentuk Karakter Anak – Anak tumbuh dengan memiliki akhlak mulia adalah dambaan setiap orangtua. Dan sebagai umat muslim, tentu kita tahu bahwa tidak ada lagi contoh figur dengan akhlak mulia yang cocok sebagai panutan selain dari perilaku Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam kesehariannya.

Membentuk-Karakter-Anak-Dari-Sifat-Rasulullah

Menerapkan contoh perilaku Rasulullah sangatlah penting untuk dimulai sejak dini hingga dewasa, ini juga merupakan bukti wujud kecintaan dan menghormati Rasul Allah.

Rasullullah memiliki banyak sekali sikap baik karena beliau adalah suri tauladan yang patut dicontoh. Selain dari perkataan dan perbuatan beliau, setidaknya ada 4 sifat terpuji Rasul yang bisa kita ajarkan pada anak- anak.

Baca juga : “Tips Agar Anak Senang Membaca Al-Quran

1. Jujur (Shiddiq)

Jujur adalah sikap menyatakan sesuatu sesuai dengan kebenarannya atau sesuai dengan fakta. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sangat terkenal kejujurannya, tidak hanya diakui para sahabatnya, kejujurannya bahkan diakui oleh musuhnya.

Ajarkan anak kejujuran dalam perkataan dan perbuatan benar seperti Rasulullah dalam situasi apapun. Terlalu menekan anak bisa mendorongnya untuk berbohong, dan sekali berbohong akan muncul kebohongan-kebohongan lainnya.

2. Dipercaya (Amanah)

Amanah menunjukan perilaku yang bisa dipercaya. Seperti Rasulullah yang diberi amanah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia meski taruhannya nyawa. Namun beliau melaksanakan dengan sebaik-baiknya dan tidak gentar sedikitpun.

Sikap ini juga penting ditanamkan pada anak. Ajarkan anak untuk bisa menepati janji dan menjaga kepercayaan. Mengingkari janji berarti tidak dapat dipercaya.

3. Menyampaikan (Tabligh)

Tabligh artinya menyampaikan, yaitu sifat wajib Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam menyampaikan seluruh ajaran yang diterima dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yaitu berupa wahyu untuk disampaikan kepada umat manusia agar menjadi dalam pedoman hidup.

Seluruh wahyu dan ajaran yang diterima Rasulullah yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala telah disampaikan kepada umatnya sampai hal yang terkecil sekalipun dan tak satupun dari hal ini yang tidak sampai pada alamatnya.

Ajarkan anak menyampaikan amanah dengan baik. Contoh misal minta tolong anak untuk menyampaikan dan memberikan titipan uang kepada ibu pemilik warung. Tetapi dia tidak memberikan uang tersebut, malah menggunakannya untuk jajan. Berarti anak tidak menyampaikan amanah yang diberikan oleh ibunya kepadanya.

4. Cerdas (Fathonah)

Rasulullah adalah sosok yang cerdas dan pandai, selain itu beliau juga terkenal sangat arif dan bijaksana. Dalam mengambil keputusan didasari dengan pertimbangan dan pemikiran matang.

Tugas orangtua sebagai pendidik harus mengondisikan agar anak rajin belajar, menjadi anak cerdas dan pandai. Termasuk di dalamnya mendampingi dan memfasilitasi berbagai kebutuhan penunjang belajar. Sehingga dengan meneladani sifat cerdas Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi was Salam, nantinya anak dapat melewati berbagai rintangan dalam kehidapan sehari-harinya.

Baca juga : “Tips Mendidik Anak Islam Lainnya di Ayo Bunda

Itulah beberapa sifat Rasullullah yang bisa kita ajarkan pada anak untuk Membentuk Karakter Anak yang positif. Hal itu sangat dibutuhkan, terlebih dalam situasi zaman sekarang, di mana pergaulan anak dan remaja sudah melewati batas kewajaran. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *