Menggelitik Anak Ternyata Ada Bahayanya Lho Bund!

Menggelitik Anak – Karena gemas dan ingin si Kecil tertawa sering kali kita menggilitik mereka sambil bercanda ria. Memang menggelitik memliki efek positif, karena menurut penelitian dengan menggelitik bayi dapat meningkatkan hubungan dengan orangtuanya. Hal ini disebut juga dengan interaksi neurologis antara ibu dan anak. Selain itu, menggelitik dapat melatih sensorik si Kecil terhadap apa yang menyentuh kulitnya.

Menggelitik-Anak-Ternyata-Ada-Bahayanya-Lho-Bund!

Yang perlu orang ketahui adalaha ternyata menggelitik ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan Bund karena menggelitik si Kecil juga memiliki efek negatif yang dapat merugikan si Kecil.

Baca juga : “Ini Arti Bayi Memainkan Lidahnya!

Berikut bahaya menggelitik si Kecil yang kami ambil dari laman sayangianak :

1. Si Kecil menjadi tidak nyaman

Orangtua banyak yang mengira si Kecil senang saat digelitik karena mereka tertawa. Anak-anak, terutama yang geli, tidak bisa berhenti tertawa ketika digelitik meskipun sebenarnya ia membencinya.

Dalam sebuah penelitian para ilmuwan menemukan bahwa menggelitik tidak menciptakan perasaan bahagia yang sama seperti yang diciptakan ketika seseorang menertawakan lelucon lucu. Menggelitik hanya menciptakan ilusi lahiriah bahwa seseorang sedang tertawa.

2. Si Kecil tak bisa mengontrol dirinya

Kita orangtua menggelitik hanya bermaksud untuk senang-senang, namun bagi si Kecil, digelitik bisa membuatnya kehilangan kendalinya. Perjuangan untuk mendapatkan kendali bisa jadi hal sangat sulit bagi anak dan bisa meninggalkan kenangan yang tidak menyenangkan seumur hidup.

3. Si Kecil bisa kesulitan bernafas

Menggelitik dapat menyebabkan tawa yang tidak terkendali dan sulit untuk dihentikan. Tawa yang disebabkan oleh gelitik terus-menerus dapat mencapai titik di mana orang yang digelitik tidak lagi dapat bernapas dengan benar. Bila hal ini terjadi, tentu akan sangat membahayakan si Kecil sebab ia jadi mengalami sesak napas.

Baca juga : “Tips-Tips Parenting Lainnya di Ayo Bunda

Itulah bahaya Menggelitik Anak Bund. Jadi gelitikan pada si Kecil tidak selamanya baik Bund, Bunda harus tahu batasannya. Sensitivitas anak yang berbeda-beda bisa membuat aktivitas menggelitik menjadi tidak menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *