Meningkatkan Kesuburan Pria Dengan Makanan ini!

Meningkatkan Kesuburan Pria – Kita akan bahas soal Ayah kali ini. Jika Ayah memiliki kualitas sperma sedikit atau kualitas sperma buruk, maka untuk mencapai kehamilan akan sulit. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kesuburan seorang pria berkurang, di antaranya, ketidakseimbangan hormon, pembuluh darah di sekitar testis melebar, atau berbagai kondisi yang menghalangi jalannya sperma untuk sampai ke ovum, dan lainnya.

Meningkatkan-Kesuburan-Pria-Dengan-Makanan-ini!

Mengutip Family Doctor, sebuah pasangan dianggap tidak memiliki tingkat kesuburan yang baik jika wanita belum hamil dan telah mencoba selama 1 tahun untuk hamil dan belum menggunakan alat kontrasepsi.

Baca juga : “Tips Membentuk Karakter Anak Islami

Masalah kesuburan baik itu pada Ayah atau Bunda sangat penting untuk mereka yang sedang program hamil. Jadi tidak hanya bunda saja yang ditingkatkan kesuburannya, Ayah juga. Jika Ayah berencana untuk memiliki bayi atau ingin si Kakak punya adik, dan ingin meningkatkan kesuburan, dengan mengonsumsi makanan sehat, Ayah dapat meningkatkan jumlah sperma secara alami.

1. Makanan yang mengandung asam folat

Makanan yang memiliki kandungan Asam folat jika dikonsumsi pada Ayah dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma. Makananan yang mengandung asam folat diantaranya sayuran berdaun hijau (bayam, selada, kubis, dll), pada buah-buahan (jeruk, alpukat, pepaya, pisang, dll), pada makanan (gading, hati ayam, ikan salmon, dan telur).

2. Makanan yang mengandung zinc

Zinc berperan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma ayah. Zinc bisa ayah dapatkan dari makanan-makanan seperti kepiting, kerang, daging merah, daging unggas, gandum utuh, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kekurangan zinc membuat kualitas sperma buruk dan meningkatkan risiko infertilitas atau kemandulan.

3. Makanan yang mengandung vitamin B12

Vitamin B12 dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan mengurangi kerusakan DNA sperma rusak serta meningkatkan kemampuan sperma untuk bergerak atau berenang. Makanan yang mengandung B12 bisa ayah dapatkan pada makanan laut (kerang, tuna, salmon, sarden), daging (daging sapi, hati ayam, sapi, dan domba), susu sapi dan olahannya, serta sereal dari gandum utuh.

4. Makanan yang mengandung Omega 3

Omega 3 juga berperan dalam meningkatkan jumlah, motilitas, dan morfologi sperma. Morfologi sperma adalah ukuran dan bentuk sperma yang dapat dijadikan indikator kesehatan sperma. Ayah bisa mendapatkan omega 3 dari makanan laut (makarel, tuna, sarden, salmon), kacang dan biji-bijian, minyak nabati, susu dan olahan susu (keju, yoguth).

Konsumsi asam lemak omega 3 sesuai dengan kebutuhan harian karena terdapat risiko efek samping asam lemak omega 3 yaitu toksisitas vitamin A dan D, dll.

Baca juga : “Informasi Kesehatan Lainnya di Ayo Bunda

Nah itulah beberapa makanan yang dapat Meningkatkan Kesuburan Pria yang bisa Ayah konsumsi. Sekian informasi ini, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *