Supaya Anak Mendengarkan Saat Diberitahu Coba Tips Ini!

Supaya Anak Mendengarkan – Anak terkadang sangat sulit untuk mendengarkan apa yang orangtua imbaukan kepada mereka. Ini adalah perkara yang terbilang sulit, apalagi jika anak suka membantah dan enggan menuruti apa yang orangtua katakan.

Supaya-Anak-Mendengarkan-Saat-Diberitahu-Coba-Tips-Ini!

Misal seperti mengecilkan suara televisi atau hal kecil lainnya sering kali malah menjadi drama antara orangtua dengan anak. Padahal kita sudah kita sudah berbicara dengan nada lembut tetapi anak seolah mengabaikan yang akhirnya memancing emosi orangtua.

Agar si Kecil bisa lebih diatur dan mendengarkan apa yang kita katakan dari laman parenting.dream ini bisa kita terapkan bund:

1. Buat anak fokus dulu pada Anda

Langkah pertama agar anak mau mendengarkan adalah membuatnya fokus ke kita dulu. Karena jika ia sedang sibuk dengan mainannya atau sedang konsen menonton kartun lalu kita berbicaranya tanpa ia menghentikan dulu aktifitasnya, apa yang kita bicarakan tidak akan mereka dengar.

Setelah pandangan anak beralih ke kita, barulah kita mengajaknya bicara.

Baca juga : “Punya Anak Gampang Marah? Ini Tipsnya!

2. Jangan bertanya, tapi langsung instruksikan

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan yaitu bertanya. “Nak, bisa dikecilkan dulu tidak volume televisinya?” ini menyiratkan bahwa dia memiliki pilihan untuk mengatakan tidak. Sebaiknya langsung perintahkan, “Nak, tolong kecilkan volume televisinya Ayah sedang telepon!”

3. Minta anak mengulangi perkataan Anda

Agar kita lebih pasti bahwa anak mendengarkan apa yang kita katakan, buat anak mengulangi perkataan kita tadi. Anda bisa bertanya “Jadi, kamu udah paham yang Bunda bilang tadi?” lalu tunggu jawabannya.

Misalnya “Iya Bund, kecilin volume tv-nya dulu Ayah lagi telepon Bunda, nanti boleh dibesarin lagi kan Bund?” artinya anak sudah paham yang harus mereka lakukan.

4. Puji anak saat ia mendengarkan apa yang kita katakan

Anak-anak biasanya senang dipuji atas keberhasilan yang ia lakukan. Puji kepatuhannya seperti “Pinter anak Bunda”. Cara ini juga dapat membuat anak lebih terpacu untuk mendengarkan perintah orangtua selanjutnya dan tidak mengabaikannya, karena tahu dirinya dibanggakan.

Baca juga : “Tips Parenting Lainnya di Ayo Bunda

Itulah tips Supaya Anak Mendengarkan yang bisa Bunda coba di rumah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *