Tanda Terlalu Memanjakan Anak Disimak Ya Bund!

Tanda Terlalu Memanjakan Anak – Orangtua mana yang tidak ingin memberikan segala yang terbaik untuk anaknya, sehingga kebutuhan dan keinginan anak selalu dipenuhi. Namun Bunda harus tahu, hal ini bisa membuat anak menjadi sosok yang manja. Anak akan merasa mampu mendapatkan kebutuhan serta keinginannya dengan mudah tanpa perlu berusaha, sehingga anak merasa apa yang ia mau lebih penting dari yang lain. Jika sudah seperti ini, anak akan sulit memahami dan menempatkan dirinya di posisi orang lain.

Tanda-Terlalu-Memanjakan-Anak-Disimak-Ya-Bund!

Kebanyakan orangtua tentu tidak ingin anaknya menjadi anak manja. Mereka ingin anaknya bisa mandiri dan mengerti bahwa tidak semua kebutuhan dan keinginan bisa dicapai tanpa adanya usaha dan doa. Meskipun begitu, terkadang orangtua tanpa sadar memanjakan anak karena alasan-alasan tertentu seperti merasa bersalah pada anak karena memiliki waktu yang sedikit dengan mereka lantaran orangtua sibuk bekerja, keinginan masa kecil orangtua yang dulu tidak terpenuhi, dan lain sebagainya.

Baca juga : “Apa Peran Orangtua? DIsimak Ya Bund!

Yuk kenali beberapa tanda orangtua memberikan pola asuh yang terlalu memanjakan pada si Kecil, simak ya Bund!

1. Anak ingin keinginannya cepat dikabulkan

Anak yang dimanjakan biasanya memiliki sedikit kesabaran. Ketika anak menginginkan sesuatu, ia ingin cepat-cepat keinginannya terpenuhi saat itu juga.

2. Anak perlu dibujuk untuk menyelesaikan tugas

Biasanya anak yang manja akan membutuhkan waktu lama dan orangtua membutuhkan kerja keras untuk membujuknya melakukan sesuatu seperti menyikat gigi atau merapikan mainan. Ini bisa menjadi bumerang, karena anak akan terus mengharapkan imbalan sebelum menyetujui melakukan sesuatu.

3. Anak tidak bisa menerima penolakan

Ketika anak menginginkan sesuatu dan orangtua menolak, ia akan membuat ulah sampai ia mendapatkan apa yang diinginkan. Semua anak tentu akan merasa kecewa ketika keinginannya tidak terpenuhi, namun responnya terhadap perasaan kecewa tersebut yang menjadi penting. Sosok manja terlihat dari anak yang tidak bisa menerima penolakan dan merasa bahwa seluruh keinginannya harus dipenuhi.

4. Anak tidak pernah puas

Walaupun banyak mainan tetapi anak tidak merasa tidak cukup, ingin lebih dan lebih. Anak cenderung tidak menghargai dan sedikit serakah.

Baca juga : “Tips Mendidik Anak Di Rumah Lainnya di Ayo Bunda

Nah, apakah anak Bunda menunjukkan ciri diatas? Kalau iya, berarti Bunda sudah memanjakan si Kecil. Pola asuh yang memanjakan anak memiliki efek negatif seperti membuat anak tidak mandiri, tidak mampu bertanggung jawab, bersikap menantang, tidak hormat, dan kemampuan sosial yang buruk. Semoga informasi Tanda Terlalu Memanjakan Anak ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *