Cara Agar Tetap Tenang Ketika Kesal Dengan Anak

Cara Agar Tetap Tenang – Seperti kita ketahui bersama, mengasuh anak adalah pengalaman yang sangat emosional. Anak-anak kita dan interaksi kita dengan mereka dapat memicu perasaan ketidakberdayaan, frustrasi, kebingungan, sakit hati, kekecewaan, dan amarah kita sendiri. Dari pada mengipasi api yang hanya akan membuatnya lebih besar, lebih baik menyiramkan air agar padam, benarkan?

Cara-Agar-Tetap-Tenang-Ketika-Kesal-Dengan-Anak

Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi orangtua yang tenang ketika berhadapan dengan anak-anak Anda.

1. Ubah Persfektif Anda

Anak-anak kita dapat membuat kita jengkel, marah, frustrasi, bahkan terkadang setiap hari. Ingatlah anak Anda melakukan ini karena dia anak-anak. Tugas Anda adalah membimbingnya dengan memastikan dia bertanggung jawab dan menebus kesalahan. Jika Anda dapat berpikir secara berbeda, Anda tidak akan terlalu marah pada anak Anda.

Baca juga¬† : “Ini Bund Tahap Perkembangan Kehidupan Anak

Menemukan cara agar tidak terlalu marah pada anak-anak kita adalah penting. Jika kita bertanggung jawab atas perasaan dan tindakan kita sendiri, mereka akan lebih mungkin untuk melakukan hal yang sama.

2. Mengidentifikasi Perasaan Anda

Ketika Anda marah, cari tahu apa yang Anda rasakan itu apakah frustasi, sakit hati, atau perasaan lain yang mangganggu Anda. Jika kita mengakui dan menerima perasaan kita sendiri, kita dapat mulai melakukan pekerjaan menenangkan mereka, memahaminya, mengubahnya, memprosesnya dan melepaskannya. Perasaan menyakitkan kita tidak akan tumpah ke orang lain, terutama pada anak kita.

3. Diam, Tarik Nafas, dan Berfikir

Ketika Anda secara fisik atau emosional terancam, adrenalin Anda meningkat. Anda mungkin terancam secara emosional ketika anak Anda tidak mendengarkan Anda dan Anda tidak tahu harus berbuat apa. Tubuh membaca ini sebagai ancaman dan bersiap untuk “berkelahi atau lari” dengan menguras energi dari otak Anda dan memasukkannya ke dalam otot Anda.

Inilah sebabnya kita semua akhirnya mengatakan hal-hal yang kemudian kita sesali. Itulah mengapa kita perlu untuk diam, bernapas, dan berpikir. Tanpa hal itu, Anda tidak akan dapat menyelesaikan masalah yang Anda hadapi secara efektif karena Anda tidak akan memiliki akses ke bagian otak yang dapat membuat keputusan yang baik.

4. Lepaskan Kekhawatiran dan Fokus Pada Apa Yang Baik

Pahami bahwa mengkhawatirkan anak Anda adalah tindakan negatif. Khawatir juga membuat anak Anda cemas karena ia mulai percaya bahwa ada sesuatu dalam dirinya yang perlu dikhawatirkan. Imajinasi kita menjadi liar dengan gambar-gambar dari semua hasil terburuk yang mungkin terjadi.

Baca juga : “Info Parenting Anak Lainnya di Ayo Bunda

Semakin Anda khawatir, Anda semakin memiliki citra negatif yang berputar di otak Anda ynag akan menghasilkan interraksi negatif. Interaksi negatif berulang dari waktu ke waktu dapat merusak hubungan baik Anda dengan anak.

Sekian informasi Cara Agar Tetap Tenang ini, semoga bermanfaat ya Bund.

 

 

Source : empoweringparents

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *