Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Kayu Manis – Bunda pasti sering menggunakan kayu manis sebagai penambah cita rasa, menambah wangi makanan, dan juga menghilangkan bau amis atau bau tak sedap pada sebuah bahan makanan. Karena aromanya yang khas membuat masakan memiliki aroma manis segar khas kayu manis yang langsung dapat menggugah selera makan.

Manfaat-Kayu-Manis-Untuk-Kesehatan-Anda

Kayu manis adalah rempah-rempah kuno yang berasal dari kulit beberapa spesies dari genus Cinnamomum dari pohon cemara, yang termasuk dalam keluarga laurel. Kayu manis biasanya tumbuh di seluruh Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Namun tahukah Bunda, jenis kayu manis yang paling populer adalah kayu manis yang berasal asli dari Cina (Cinnamomum cassia) dan Sri Lanka (Cinnamomum verum) yang lebih halus daripada cassia dan lebih mahal, meskipun kurang banyak digunakan.

Baca juga : “Agar Mesin Cucui Tidak Mudah Rusak!

Selain untuk menambah cita rasa yang aroma makanan, ternyata kayu manis memiliki khasiat untuk kesehatan Bund. Apa saja manfaatnya? Yuk kita simak Bund!

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Meskipun penelitian sedang berlangsung, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

2. Mengurangi Peradangan

Cinnamaldehyde adalah senyawa luar biasa yang memberi aroma pada kayu manis, dan juga bisa meredakan pembengkakan dan mencegah trombosit darah menggumpal.

3. Kelola Diabetes Tipe 2

Mungkin manfaat yang paling mengejutkan dan menarik dari dosis kayu manis harian adalah dampaknya terhadap diabetes tipe 2. Ini dapat membantu mengelola kondisi ini dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan mencium kayu manis meningkatkan proses kognitif, tetapi mengkonsumsinya secara signifikan meningkatkan fungsi otak.

5. Sebagai Antioksidan

Antioksidan penting karena mereka membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, yang telah terbukti merusak sel dan berkontribusi pada hampir setiap penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Baca juga : “Tips-Tips Kesehatan Lainnya di Ayo Bunda

Nah itulah beberapa Manfaat Kayu Manis yang Bunda harus tahu. Masih banyak lagi sebenarnya khasiat dari kayu manis, mungkin akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Dan sebagai catatan, meskipun menggunakan kayu manis dalam jumlah kecil hingga sedang adalah aman, konsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping berbahaya ya Bund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *