Orang Tua Pilih Kasih Berefek Negatif Pada Anak!

Orang Tua Pilih Kasih – Pilih kasih bisa diartikan dengan memihak atau berat sebelah. Dan tentu Bunda pasti pernah mendengar atau melihat dimana ada orangtua yang pilih kasih terhadap anaknya. Padahal orangtua dituntut untuk adil menyamakan pemberian untuk anak-anaknya kecuali yang telah ditentukan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam hal waris.

Orang-Tua-Pilih-Kasih-Berefek-Negatif-Pada-Anak!

Bunda harus tahu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membenci orangtua yang pilih kasih diantara anak-anak mereka. Dikutip dari DalamIslam.com, banyak yang tak menyadari sikap pilih kasih orangtua bisa memicu konflik keluarga yang sangat besar. Membuat hilangnya ketenangan dalam keluarga, rasa iri dengki kakak dan adik, bahkan sampai putusnya silahturahim antar saudara pada anak yang sudah dewasa.

Perasaan apa saja yang muncul ketika anak merasa orangtua pilih kasih?

  • Merasa tidak disayang oleh orang tua
  • Merasa tidak berharga atau tidak penting
  • Menjadi kurang nyaman ada di tengah keluarga, bingung mau cerita ke siapa
  • Membandingkan dengan teman-teman dan menjadi kurang puas dengan hidupnya

Perasaan-perasaan yang muncul pada anak ini jika tidak segera orangtua atasi bisa berkembang menjadi permasalahan di masa mendatang hingga dewasa.

Baca juga : “Peran Orangtua Yang Harus Dipahami!

Nabi pun pernah suatu ketika menegur seorang sahabat yang memperlakukan anak-anaknya dengan perlakuan berbeda. Sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut ini :

Dari Nu’man bin Basyir ra bahwasannya ayahnya datang membawanya menemui Rasulullah Saw, dia berkata, “Sungguh aku telah memberi pemberian berupa seorang hamba sahaya milikku kepada anakku ini.” Kemudian Rasulullah Saw berkata, “Apakah semua anakmu mendapat pemberian seperti anakmu ini?” Ayah An-Nu’man menjawab, tidak. maka Rasulullah Saw pun bertanya, “Apakah engkau senang apabila mereka (anak-anakmu) semuanya berbakti kepadamu dengan sama?” Lalu ayah An-Nu’man menjawab, “Aku mau wahai Rasulullah.” Lalu Rasulullah Saw bersabda : “Kalau begitu, jangan kau lakukan (pilih kasih).” (HR. Muslim)

Sedang dalam riwayat Muslim lainnya yang juga diriwayatkan Bukhari, dengan tambahan kalimat :

Rasul bersabda: “Bertakwalah kepada Allah dan berlaku adil lah di antara anak-anakmu,” Lalu ia balik dan mengambil kembali pemberiannya. (HR. Bukhari)

Baca juga : “Parenting Islami Lainnya di Ayo Bunda

Jadi untuk Ayah dan Bunda, pilih kasih pada anak bisa menjadi bentuk pelecehan emosional, terutama bila meremehkan atau menggunakan kata-kata kasar kepada anak yang dianggap tidak begitu istimewa. Sekian informasi Orang Tua Pilih Kasih ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *